Header Ads

ad

Pertolongan Pertama Pada Sengatan Ikan Pari

Pertolongan Pertama Pada Sengatan Ikan Pari

Wilayah yang paling berbahaya adalah wilayah yang paling aman

Menjadi seorang traveler itu memang menjadi hal yang paling menyenangkan, namun dalam perjalanannya banyak hal-hal buruk yang bisa terjadi jika tidak berhati-hati. Seperti yang terjadi pada teman saya yang satu ini. Ketika kami sedang berwisata ke salah satu pantai, dia terkena sengatan hewan laut. Awalnya kami tidak tahu sengatan hewan apa itu, namun setelah ditangani dokter ternyata yang menyengat kaki teman saya itu ikan pari.

Nah bagi kamu pecinta travel atau penyuka diving jangan khawatir dan panik saat disengat oleh hewan laut. Usahakan tetap dalam kondisi tenang dan lakukan pertolongan pertama pada bagian yang terkena sengatan tersebut, biasanya yang paling banyak itu pada bagian kaki.

Nah dari pengalaman saya dan teman saya yang terkena sengatan ikan pari, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika disengat oleh ikan pari yaitu sebagai berikut.

Pertolongan Pertama Pada Sengatan Ikan Pari


Ikan pari merupakan hewan laut yang memiliki ekor belakang seperti cambuk. Kekita pari merasa terancam, hewan tersebut melindungi dirinya dengan ekornya yang memiliki racun tersebut, dan jika terkena pada manusia, maka akan terjadi kerusakan pada jaringan tubuh yang bisa menyebabkan pembengkakan dan warna biru pada tubuh yang terkena sengatan. Pertolongan pertama yang dapat anda lakukan ala JURNALPENGEMBARA adalah sebagai berikut:

  1. Cuci kaki sampai bersih dengan air laut
  2. Ikat kaki dengan apa saja yang anda temukan di saat itu, bisa kain, tali, gesper atau kalau kamu membawa pembalut luka maka gunakan itu. Ikat pada bagian yang terkena sengatan kira-kira 5 cm dari atas bagian tersebut. Ikat dengan kencang agar racun tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya.
  3. Keluarkan sisa-sisa sengatan 
  4. Kamu bisa tidur-tiduran sebentar sambil mengangkat kaki, jika merasa sudah agak lumayan, segera pergi ke perumahan warga atau cari petolongan di sekitar anda berada. 
  5. Rendam kaki kamu dengan air panas kira-kira hingga 10 jam untuk menghancurkan racun tersebut, atau segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari pihak yang berwajib, eh... maksudnya dokter.
Demikianlah tips sederhana dari pengalaman kami saat mengembara, pada intinya dalam kondisi apapun tetap tenang dan biarkan otak berpikir dengan jernih dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Tidak ada komentar